Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Gampang Membuat Pempek Dos Anti Gagal

Pempek Dos Anda sedang mencari ide bumbu pempek dos yang istimewa? Cara menyiapkannya sebenarnya tidak terlalu susah namun tidak mudah juga. Sekiranya silap memasaknya maka hasilnya tidak akan membahagiakan dan bahkan cenderung tidak nikmat. Meski pempek dos yang nikmat harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kwalitas rasa dari pempek dos, pertama dari ragam bahan, selanjutnya pemilihan bahan yang segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan pempek dos yang nikmat di rumah, karena anda sudah tahu resepnya maka sajian ini bisa jadi sajian istimewa.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah pempek dos yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Pempek Dos menggunakan 17 bahan dan 10 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Pempek Dos

  1. Siapkan Bahan adonan :.
  2. Siapkan 150 gr tepung terigu (15 sdm).
  3. Gunakan 7 siung bawang putih, haluskan.
  4. Sediakan 1,5 sdm kaldu bubuk.
  5. Sediakan 1 sdt garam.
  6. Siapkan 1/4 sdt lada bubuk.
  7. Sediakan 250 ml air.
  8. Gunakan 5 butir telur.
  9. Ambil 300 gr tepung tapioka (30 sdm).
  10. Ambil Bahan kuah cuko :.
  11. Gunakan 2 gelas belimbing air.
  12. Siapkan 1 gelondong gula merah.
  13. Sediakan 1 bungkus asam jawa / tamarin.
  14. Ambil 1/2 sdt garam.
  15. Gunakan 5 siung bawang putih, haluskan.
  16. Ambil 5 buah cabe rawit (atau sesuai selera pedas masing2).
  17. Ambil Bahan tambahan, timun.

Langkah-langkah menyiapkan Pempek Dos

  1. Campurkan kedalam panci teflon : tepung terigu, bawang putih halus, garam, kaldu bubuk, lada bubuk, dan air. Aduk sampe rata dan tidak ada lagi yg menggumpal..
  2. Kemudian nyalakan kompor dan masak sampe mengental. Kemudian matikan kompor dan biarkan sesaat sampe agak dingin..
  3. Setelah agak dingin campurkan 2 butir telur aja (yang 3 butir dikocok lepas untuk isian kapal selam), aduk rata. Kemudian masukkan tepung tapioka nya sedikit demi sedikit. Aduk balik perlahan aja sambil agak ditekan-tekan. Jangan di ulen ya bund :) ini tips biar hasil pempek tidak alot..
  4. Adonan siap dibentuk. Cara membentuk pempek kapal selam : ambil sebagian adonan. Dipilin sampe agak lonjong. Tekan tengah nya pake jempol, kemudian puter2 sampe jadi seperti mangkok agak lebar..
  5. Isi dengan telur kocok sampe 1/3 bagian. Jangan terlalu penuh biar gak susah nutup nya. Kemudian tutup pelan2, hati-hati biar ga bocor ya bund :) Terakhir agak dikerutkan biar hasilnya lebih cantik, hehe.
  6. Kalo mau bentuk lenjer, tinggal dipilin agak lonjong adonan nya. Tidak perlu di isi telur. Lakukan hal yang sama sampe adonan habis..
  7. Kemudian didihkan air secukupnya, jangan lupa beri 1sdm minyak. Setelah mendidih masukkan adonan pempek nya dan rebus sampe adonan terapung. Kalo sudah terapung tunggu beberapa menit biar tanak. Kemudian angkat & tiriskan..
  8. Pempek siap digoreng. Satu resep saya jadi 10 pempek kapal selam & 5 lenjer..
  9. Sekarang cara buat kuah cuko nya : campur semua bahan. Masak pake api sedang sampe mendidih. Kemudian saring..
  10. Ma syaa allaah..pempek nya enak bund 😋.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Pempek Dos yang mudah di atas dapat membantu Anda mempersiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!