Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Pempek Dos, Lezat Sekali

Pempek Dos Anda tengah mencari inspirasi resep pempek dos yang istimewa? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu susah namun tidak mudah juga. Bila salah memasaknya maka hasilnya bisa tawar dan malah tak sedap. Meskipun pempek dos yang enak harusnya sih memiliki wangi dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berakibat terhadap kualitas rasa dari pempek dos, mulai dari variasi bahan, kemudian penyortiran bahan yang segar, sampai cara memasak dan menghidangkannya. Tak perlu pusing sekiranya ingin mempersiapkan pempek dos sedap di mana pun anda berada, karena kamu telah tahu triknya maka sajian ini bisa jadi suguhan spesial.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah pempek dos yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Pempek Dos menggunakan 18 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Pempek Dos

  1. Gunakan Biang Pempek.
  2. Siapkan 500 gr tepung terigu.
  3. Gunakan 500 gr sagu/tepung tapioka.
  4. Siapkan 1 sdm garam.
  5. Gunakan 2 butir telur ayam.
  6. Sediakan secukupnya Kaldu jamur.
  7. Gunakan secukupnya Air.
  8. Siapkan Cuko.
  9. Siapkan 500 gr gula merah aren hitam.
  10. Sediakan 1 bunder bawang putih.
  11. Gunakan 10 buah cabai rawit hijau.
  12. Sediakan secukupnya Garam.
  13. Siapkan secukupnya Asam Jawa.
  14. Ambil secukupnya Ebi.
  15. Ambil secukupnya Air.
  16. Siapkan Isi pempek.
  17. Sediakan 2 butir telur ayam campur garam sedikit.
  18. Gunakan Ebi rebon secukupnya (tumbuk halus).

Cara membuat Pempek Dos

  1. Didihkan air terlebih dahulu, kira-kira 1 panci besar.
  2. Bahan isian pempek : 2 butir telur pecahkan d mangkuk, beri sejumput garam, kocok lepas lalu sisihkan. Untuk isi ebi, cukup blender halus ebi rebon secukupnya, kemudian sisihkan..
  3. Adonan Dasar 1 : siapkan terigu di dalam baskom, masukan 1sdm garam, kaldu jamur secukupnya. Tambahkan air yg sudah mendidih sedikit demi sedikit ke dalam biang terigu. Aduk menggunakan spatula hingga tekstur terigu tidak menggumpal & tidak encer. Kurleb tekteur seperti adonan donat tp agak lembut..
  4. Adonan dasar 2 : masukan 2 butir telur, aduk kembali. Kemudian tambahkan tepung sagu secukupnya, sampai adonan bisa di bentuk. (Note: apabila tekstur kurang, bs di tambahkan tepung sagunya.).
  5. Adonan dasar 3 : bentuk adonan seperti mangkuk kecil, isi telur yg sdh d kocok lepas, lalu rapatkan ujungnya. Lakukan terus hingga isi hbs. Begitupun dengan isi ebi, bisa dibentuk dgn bentuk lain. Sisanya bisa dibentuk menjadi pempek Dos lenjer..
  6. Didihkan lagi 1 panci air ditambah 1sdm minyak sayur. Masukan pempek yg sdh d bentuk ke dalam air yg sdh mendidih satu persatu. Tunggu hingga mengambang, lalu angkat. Pempek sudah matang. Bisa langsung di makan atau di goreng dl..
  7. Cuko : didihkan kurleb 500ml air, haluskan bawang putih, ebi & cabai rawit. Masukan ke dalam air yg mendidih, masukan gula aren, tambahkan asam Jawa secukupnya & garam. Tes rasa. Siap di sajikan. (Note : cuko bisa awet berminggu-minggu apabila d simpan d dlm botol tertutup rapat, semakin lama cuko semakin sedap).
  8. Sajikan pempek yg sdh matang bersama cuko. Selamat mencoba 🤲 (note : utk adonan biang Pempek, jgn terlalu Kalis karena nanti pempek akan keras. Cukup bisa di pulung aja sdh bs dibentuk. Apabila adonan lengket. Lumuri tangan dgn sagu saat membentuk).

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat pempek dos yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!