Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Empek Empek Palembang yang Menggugah Selera

Empek Empek Palembang Kamu sedang mencari ide bumbu empek empek palembang yang spesial? Cara membuatnya sebenarnya susah-susah mudah. Kalau salah memasaknya maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan cenderung tak sedap. Meski empek empek palembang yang sedap seharusnya memiliki bau dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari empek empek palembang, pertama dari ragam bahan, kemudian pemilahan bahan yang segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jikalau ingin menyiapkan empek empek palembang enak di mana pun anda berada, karena kamu telah tahu resepnya maka sajian ini mampu jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan empek empek palembang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Empek Empek Palembang memakai 22 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Empek Empek Palembang

  1. Gunakan Bahan Biang:.
  2. Gunakan 500 gr tepung sagu tani.
  3. Gunakan 720 gr fillet ikan.
  4. Ambil 1 sdm garam (sesuai selera).
  5. Gunakan 500 ml air dingin.
  6. Ambil 1 sdt kaldu jamur.
  7. Sediakan 1 sdt lada putih bubuk.
  8. Sediakan 1 butir telor.
  9. Ambil 2 siung bawang putih.
  10. Siapkan Bahan Cuko:.
  11. Siapkan 200 gr gula merah, sisir.
  12. Ambil 1 sdm asam jawa (sesuai selera).
  13. Ambil gula sesuai selera (aku skip).
  14. Sediakan 3 cabai merah besar.
  15. Gunakan 5 cabai rawit (sesuai selera).
  16. Gunakan 2 siung bawang putih.
  17. Ambil secukupnya garam.
  18. Ambil 1/2 sdt kaldu jamur.
  19. Siapkan 500 ml air.
  20. Ambil Toping:.
  21. Siapkan Mentimun.
  22. Siapkan Mie.

Langkah-langkah menyiapkan Empek Empek Palembang

  1. Masukkan fillet ikan, telor, bawang putih dan air kedalam blender, haluskan. Tuangkan kedalam wadah adonan, masukkan lada, kaldu, garam dan tepung. Aduk pelan sampai adonan tercampur, aduk pelan saja ya supaya nanti hasilnya empuk..
  2. Didihkan air dipanci dengan sedikit minyak goreng, cetak adonan sesuai seleradan jangan lupa taburi tangan dengan tepung supaya adonan tidak lengket ditangan. Jika ingin membuat empek empek kapal selam, cetak adonan seperti mangkok panjang, isi dengan sedikit kocokan telor dan tutup kembali. Cetak dan rebus adonan sampai habis. Tiriskan.
  3. Setelah itu haluskan bawang putih, cabai merah dan cabai rawit. Lalu rebus dengan air dan masukkan garam, kaldu, gula dan asam jawa, koreksi rasa, rebus sampai matang, angkat dan saring..
  4. Goreng empek empek yang sudah direbus tadi, angkat dan sajikan, selamat menikmati🤗😔.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat empek empek palembang yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!