Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Semur ayam + kentang sederhana, Lezat Sekali

Semur ayam + kentang sederhana Anda sedang mencari ide bumbu semur ayam + kentang sederhana yang unik? Cara menyiapkannya sebenarnya susah-susah mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan tawar dan malah tidak sedap. Meskipun semur ayam + kentang sederhana yang sedap seharusnya punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari semur ayam + kentang sederhana, pertama dari variasi bahan, selanjutnya pemilahan bahan yang segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing bila mau menyiapkan semur ayam + kentang sederhana enak di rumah, karena kamu telah tahu triknya maka sajian ini mampu jadi suguhan istimewa.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah semur ayam + kentang sederhana yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Semur ayam + kentang sederhana memakai 24 jenis bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Semur ayam + kentang sederhana

  1. Ambil 1 kg ayam / sesuai selera (potong²).
  2. Gunakan 1/4 kg kentang / sesuai selera (potong²).
  3. Ambil Tahu putih (bila suka).
  4. Siapkan Bumbu halus :.
  5. Gunakan 8-9 siung bawang merah.
  6. Sediakan 4-5 siung bawang putih.
  7. Gunakan secukupnya Kemiri.
  8. Ambil secukupnya Ketumbar.
  9. Siapkan secukupnya Merica.
  10. Sediakan secukupnya Jinten.
  11. Gunakan 1-2 cm jahe.
  12. Siapkan 1-2 cm kunir.
  13. Gunakan Bahan pelengkap :.
  14. Siapkan 2-3 lembar daun jeruk (buang tulang).
  15. Siapkan 2-3 lembar daun salam.
  16. Sediakan 1 Batang serai (digeprek).
  17. Ambil 2-3 cm lengkuas (digeprek).
  18. Siapkan Minyak goreng.
  19. Sediakan Penyedap rasa.
  20. Ambil secukupnya Garam.
  21. Sediakan 1-2 butir gula merah.
  22. Ambil Kecap manis.
  23. Sediakan Jeruk nipis (ambil airnya).
  24. Gunakan Cabai rawit merah (utk taburan).

Cara menyiapkan Semur ayam + kentang sederhana

  1. Cuci bersih ayam yg sudah dipotong² kemudian lumuri dgn air perasan jeruk nipis. Diamkan kurleb 15 menit dan jgn lupa sambil menunggu potong² kentang dan haluskan bumbu²nya..
  2. Stlh 15 menit, cuci kembali ayam sampai bersih kemudian rebus sampai 1/2 matang. Stlh direbus, panaskan minyak dan goreng ayam sampai 1/2 kering tp jgn terlalu kering..
  3. Stlh selesai, panaskan kembali minyak utk menumis. Setelah panas tumis bumbu yg sudah dihaluskan, masukkan jg daun salam, daun jeruk, lengkuas, gula merah, penyedap rasa, garam. Tumis sampai harum..
  4. Kemudian tambahkan air secukupnya dan tunggu sampai mendidih. Stlh mendidih masukkan ayam dan kecap, tunggu sebentar sampai bumbu meresap..
  5. Stlh dirasa meresap, masukkan kentang dan tunggu sampai kembali mendidih. Sambil dikoreksi rasa ya..
  6. Stlh dirasa sudah pas dan kentang jg sudah matang, matikan kompor lalu masukkan beberapa cabai rawit merah. (Biar lebih mantab tambahkan taburan bawang merah goreng). Nikmati selagi hangat 👍.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan semur ayam + kentang sederhana yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!