Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Membuat Sop kuning Kepala Ikan Tuna, Lezat

Sop kuning Kepala Ikan Tuna Anda tengah mencari ide bumbu sop kuning kepala ikan tuna yang spesial? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Bila silap mengolah maka hasilnya bisa hambar dan pun tak enak. Sedangkan sop kuning kepala ikan tuna yang enak harusnya sih punya wangi dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berdampak terhadap kualitas cita rasa dari sop kuning kepala ikan tuna, mulai dari tipe bahan, lalu pemilihan bahan yang segar, sampai cara memasak dan menyajikannya. Tidak usah pusing jikalau hendak mempersiapkan sop kuning kepala ikan tuna yang sedap di rumah, karena kamu telah tahu triknya maka sajian ini mampu jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan sop kuning kepala ikan tuna sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sop kuning Kepala Ikan Tuna menggunakan 19 jenis bahan dan 3 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Sop kuning Kepala Ikan Tuna

  1. Gunakan 1 kepala ikan tuna (belah 2).
  2. Gunakan 2 buah tomat kecil.
  3. Ambil 1 buah wortel.
  4. Ambil 1 buah jeruk nipis.
  5. Ambil Bumbu halus:.
  6. Ambil 3 siung bawang putih.
  7. Ambil 5 siung bawang merah.
  8. Siapkan 1 ruas jahe (sejempol).
  9. Gunakan 1 ruas lengkuas (1/2 jempol).
  10. Ambil 1 ruas kunyit (sebesar kelingking).
  11. Sediakan Bahan lainnya:.
  12. Siapkan 2 batang sereh.
  13. Ambil 3 lembar daun salam.
  14. Sediakan 5 lembar daun jeruk.
  15. Siapkan 1/2 sdt lada (saya pakai lada halus).
  16. Sediakan secukupnya garam.
  17. Gunakan secukupnya gula.
  18. Sediakan sejumput kaldu jamur.
  19. Ambil secukupnya Air.

Cara membuat Sop kuning Kepala Ikan Tuna

  1. Cuci bersih kepala ikan, kemudian lumuri dgn garam dan perasan jeruk nipis. sisihkan dulu..
  2. Haluskan semua bumbu halus. Didihkan air, setelah mendidih masukkan bumbu halusnya. setelah tercium harum kemudian masukan kepala ikan, masukkan sereh, daun salam, daun jeruk. Tunggu bbrp saat kita masukkan lada halus, garam, gula, kaldu. Aduk rata dan cek rasa. Terakhir masukkan wortel yang sudah diiris²..
  3. Sebelum matang masukkan tomat. kembali cek rasanya. Bila sudah oke silahkan diangkat. Jangan lupa peras jeruk nipis kedalam sop tadi agar rasanya segarrrrr..

Terima kasih telah mencoba resep yang kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Sop kuning Kepala Ikan Tuna yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan sajian yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!