Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Gampang Menyiapkan Pempek Dos Udang Rebon + Cuko (Tanpa Ikan), Lezat Sekali

Pempek Dos Udang Rebon + Cuko (Tanpa Ikan) Kamu sedang mencari ide resep pempek dos udang rebon + cuko (tanpa ikan) yang spesial? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Seandainya keliru mengolah maka hasilnya tidak akan membahagiakan dan malahan tidak enak. Walaupun pempek dos udang rebon + cuko (tanpa ikan) yang sedap selayaknya memiliki wangi dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kwalitas cita rasa dari pempek dos udang rebon + cuko (tanpa ikan), mulai dari variasi bahan, selanjutnya pemilahan bahan yang segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jikalau ingin menyiapkan pempek dos udang rebon + cuko (tanpa ikan) yang enak di rumah, karena kita telah tahu triknya maka santapan ini mampu jadi suguhan istimewa.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah pempek dos udang rebon + cuko (tanpa ikan) yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Pempek Dos Udang Rebon + Cuko (Tanpa Ikan) menggunakan 22 bahan dan 9 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Pempek Dos Udang Rebon + Cuko (Tanpa Ikan)

  1. Ambil 250 ml air.
  2. Sediakan 125 gr tepung terigu.
  3. Sediakan 200 gr tepung tapioka.
  4. Gunakan 2 butir telur.
  5. Siapkan 3 siung bawang putih (haluskan).
  6. Ambil 2 sdt garam.
  7. Ambil 1 sdt kaldu bubuk/totole.
  8. Gunakan 2 sdm udang rebon (optional. dihaluskan yaa, kalo saya diulek).
  9. Gunakan 1 sdm tepung tapioka (untuk membentuk adonan agar tidak lengket).
  10. Sediakan Bahan Cuko.
  11. Sediakan 500 ml air.
  12. Gunakan 200 gr gula merah (diiris-iris dulu ya biar mudah larut).
  13. Ambil 3 sdm asam jawa.
  14. Sediakan 3 buah cabe merah keriting (haluskan).
  15. Ambil 3 buah cabe rawit merah (haluskan. optional ya kalo suka pedas).
  16. Siapkan 3 siung bawang putih (haluskan).
  17. Gunakan Secukupnya garam.
  18. Gunakan Bahan Pelengkap.
  19. Ambil 1 buah telur (untuk isian pempek).
  20. Gunakan 1 sdt terigu (untuk isian pempek yg akan dicampur dengan telur).
  21. Sediakan 1 buah timun (potong-potong).
  22. Ambil Mie kuning (saya skip).

Langkah-langkah membuat Pempek Dos Udang Rebon + Cuko (Tanpa Ikan)

  1. Rebus air bersama bawang putih, garam, kaldu bubuk dan udang rebon sampai mendidih..
  2. Jika sudah mendidih matikan kompor dan masukan tepung terigu. Aduk-aduk sampai rata. Kemudian diamkan hingga adonan agak hangat/dingin..
  3. Masukan 2 buah telur dan aduk-aduk sampai rata. Bisa menggunakan mixer agar lebih cepat. Kalo saya aduk manual aja biar ga ngotorin perabot hoho..
  4. Tambahkan tepung tapioka. Kemudian uleni hingga kalis..
  5. Bentuk sesuai selera. Tips agar tidak lengket, balurkan tangan dengan tepung tapioka dulu ya, supaya mudah membentuknya. Tips kedua: kalo mau diisi telur, tambahkan terigu ke dalam telur kemudian kocok. Agar isinya tidak kopong. Isinya jangan full ya, setengah lubang saja agar tidak bocor..
  6. Campur air dengan 1 sdm minyak goreng agar tidak lengket. Kemudian tunggu hingga mendidih. Setelah mendidih masukan pempek yang telah dibentuk dan tunggu hingga mengapung. Diamkan dulu sebentar kemudian angkat. Agar telur yang ada didalamnya matang..
  7. Goreng pempek hingga warna kecoklatan dan tiriskan. Bisa disimpan juga ya. Kalo mau disimpan, tambahkan tepung tapioka agar tidak menempel, kemudian simpan dalam wadah dan masukan ke kulkas..
  8. Resep cuko pempek. Didihkan air bersama dengan bawang putih, cabe, air asam jawa dan gula merah. Tambahkan garam dan koreksi rasa. Jika sudah mendidih, matikan kompor dan saring cuko..
  9. Siap dinikmati bersama timun ^^.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan pempek dos udang rebon + cuko (tanpa ikan) yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!