Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Ayam Goreng Lengkuas Serundeng Anti Gagal

Ayam Goreng Lengkuas Serundeng Kamu lagi mencari ide resep ayam goreng lengkuas serundeng yang spesial? Cara membuatnya memang tidak terlalu susah namun tidak gampang juga. Bila keliru memasaknya maka hasilnya akan hambar dan bahkan cenderung tak enak. Walaupun ayam goreng lengkuas serundeng yang enak harusnya sih mempunyai bau dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berakibat terhadap kwalitas rasa dari ayam goreng lengkuas serundeng, pertama dari variasi bahan, kemudian pemilihan bahan yang segar, sampai cara memasak dan menghidangkannya. Tidak usah pusing bila ingin mempersiapkan ayam goreng lengkuas serundeng yang sedap di rumah, karena anda telah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan ayam goreng lengkuas serundeng sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Ayam Goreng Lengkuas Serundeng memakai 13 bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Ayam Goreng Lengkuas Serundeng

  1. Ambil 5 potong ayam ukuran besar.
  2. Sediakan 3 lembar daun salam.
  3. Siapkan 3 lembar daun jeruk.
  4. Siapkan 2 batang sereh.
  5. Siapkan 100 gr lengkuas parut.
  6. Siapkan 300 ml air matang.
  7. Sediakan BUMBU HALUS :.
  8. Ambil 7 siung bawang merah.
  9. Gunakan 5 siung bawang putih.
  10. Ambil 1 ruas kunyit.
  11. Ambil 2 butir kemiri.
  12. Sediakan 1 sdm ketumbar bubuk.
  13. Sediakan Secukupnya garam, gulpas, penyedap.

Cara menyiapkan Ayam Goreng Lengkuas Serundeng

  1. Siapkan potongan daging ayam lalu cuci bersih, sisihkan.
  2. Blender/ulek bumbu halus pada resep, jangan lupa siapkan lengkuas yg sudah diparut.
  3. Tumis bumbu halus, parutan lengkuas, daun salam, daun jeruk, sereh hingga wangi kemudian masukkan ayam aduk rata dgn bumbu..
  4. Selanjutnya tambahkan air, garam, gulpas & penyedap aduk rata perlahan, kemudian tutup rapat diamkan hingga air menyusut.
  5. Jika air rebusan sudah menyusut dan menyisakan ampas bumbu, segera pisahkan ayam dr bumbu nya ke dlm wadah terpisah.
  6. Gorenglah ayam dan ampas bumbu terpisah. Untuk menggoreng ampas bumbu lengkuasnya, tumislah diatas api kecil & minyak jgn terlalu banyak, aduk² sampai warnanya berubah kuning kecoklatan jgn sampai trlalu hitam, lalu tekan² agar minyak keluar tidak menyerap. Sisihkan..
  7. Gorenglah ayam sampai cukup kecoklatan, sisihkan lalu balurkan atau bisa jugabtabur dengan bumbu serundeng lengkuas tadi. Enak disajikan dengam nasi hangat / nasi kuning / nasi uduk.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan ayam goreng lengkuas serundeng yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!