Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Sop Pindang Gunung Ikan Tenggiri Anti Gagal

Sop Pindang Gunung Ikan Tenggiri Kamu sedang mencari ide bumbu sop pindang gunung ikan tenggiri yang spesial? Cara membuatnya sebenarnya tidak terlalu susah namun tidak gampang juga. Bila silap mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan malah tak enak. Padahal sop pindang gunung ikan tenggiri yang sedap harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kwalitas rasa dari sop pindang gunung ikan tenggiri, mulai dari macam bahan, lalu pemilihan bahan yang segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jikalau ingin mempersiapkan sop pindang gunung ikan tenggiri nikmat di rumah, karena kita sudah tahu triknya maka sajian ini mampu jadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat sop pindang gunung ikan tenggiri sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sop Pindang Gunung Ikan Tenggiri menggunakan 18 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Sop Pindang Gunung Ikan Tenggiri

  1. Ambil 500 gr ikan tenggiri segar, bagian kepala.
  2. Siapkan 1 buah jeruk nipis.
  3. Sediakan 7 siung bawang merah, iris tipis.
  4. Gunakan 3 batang bawang daun, potong-potong.
  5. Sediakan 1 batang boros kecombrang (batang yang muda), potong-potong.
  6. Gunakan 4 lembar daun salam.
  7. Siapkan 2 ruas lengkuas, geprek, iris tipis.
  8. Siapkan 1 liter air.
  9. Ambil 1 sdm gula pasir.
  10. Gunakan 1/2 sdt kaldu bubuk.
  11. Ambil 2 sdm minyak untuk menumis.
  12. Gunakan Bumbu Halus :.
  13. Ambil 1 siung bawang putih.
  14. Gunakan 5 buah cabe rawit (sesuai selera).
  15. Siapkan 1 sdt garam.
  16. Gunakan 1 ruas kunyit, kupas.
  17. Gunakan 1 ruas jahe.
  18. Siapkan 1 buah tomat.

Cara membuat Sop Pindang Gunung Ikan Tenggiri

  1. Siangi ikan, cuci bersih dengan air mengalir, beri perasan air jeruk nipis. Siapkan semua bumbu..
  2. Panaskan minyak goreng, goreng irisan bawang merah hingga harum, lalu tambahkan bumbu halus dan gula pasir, tumis hingga harum dan matang. Sisihkan..
  3. Didihkan air, lalu masukan ikan, masak hingga mendidih lagi. Tambahkan boros kecombrang dan lengkuas. Kemudian tambahkan bumbu yang sudah ditumis dan daun salam. Aduk rata. Masak hingga matang. Terakhir masukkan bawang daun dan kaldu bubuk. Aduk rata dan cek rasa..
  4. Sajikan selagi panas 💜.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan sop pindang gunung ikan tenggiri yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!