Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Membuat Pempek dos tanpa ikan, Enak Banget

Pempek dos tanpa ikan Kamu tengah mencari inspirasi resep pempek dos tanpa ikan yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah mudah. Seandainya salah memasaknya maka hasilnya bisa hambar dan bahkan cenderung tidak nikmat. Padahal pempek dos tanpa ikan yang sedap harusnya sih punya bau dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kwalitas cita rasa dari pempek dos tanpa ikan, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan yang segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing apabila ingin menyiapkan pempek dos tanpa ikan yang nikmat di rumah, karena kamu sudah tahu resepnya maka hidangan ini mampu jadi sajian spesial.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat pempek dos tanpa ikan yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Pempek dos tanpa ikan memakai 18 jenis bahan dan 10 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Pempek dos tanpa ikan

  1. Gunakan 1 gelas tepung terigu.
  2. Siapkan 2 gelas tepung kanji.
  3. Sediakan 5 siung bawang putih.
  4. Siapkan 1 1/2 sdm garam.
  5. Sediakan 1 sdm penyedap rasa.
  6. Sediakan Sejumput merica.
  7. Gunakan 3 sdm minyak goreng (campuran untuk merebus pempek).
  8. Siapkan 2 butir telur.
  9. Gunakan Secukupnya air.
  10. Gunakan Minyak untuk menggoreng.
  11. Gunakan Bahan cuko.
  12. Sediakan Secukupnya asam jawa.
  13. Siapkan 5 cabe rawit.
  14. Siapkan Gula jawa di iris (kira kira).
  15. Siapkan Gula pasir (kira kira).
  16. Sediakan 2 siung bawang putih.
  17. Gunakan Sejumput garam.
  18. Siapkan 1 buah timun.

Cara menyiapkan Pempek dos tanpa ikan

  1. Siapkan panci di isi air, panaskan dengan api sedang. Masukkan bawang halus, garam, merica, penyedap rasa, dan 1 gelas tepung terigu. Aduk hingga adonan kurang lebih seperti bubur.
  2. Kalau sudah mengental matikan api, tuang adonan ke dalam wadah dan biarkan agar tidak panas.
  3. Selanjutnya masukkan 1 telur dan tepung kanji (secara perlahan) sambil tetap di aduk.
  4. Kocok telur untuk isian (beri sedikit garam), bentuk adonan menjadi pipih lalu cekungkan agar bisa di isi dengan telur (tangan bisa di baluri tepung kanji agar tidak lengket), rapatkan sisinya. Buat juga menjadi bentuk lenjer memanjang.
  5. Rebus pempek ke dalam panci yang sudah mendidih, tuang minyak 3 sendok agar tidak saling menempel. Tunggu sampai mengapung itu tandanya pempek sudah matang lalu tiriskan.
  6. Goreng pempek yang sudah di rebus dengan api sedang, sebelum menggoreng masukkan sedikit tepung kanji ke wajan yang berisi minyak panas supaya tidak meledak waktu di goreng.
  7. Cara buat cuko : siapkan panci di isi air lalu panaskan dengan api sedang. Haluskan cabe, bawang putih, sedikit garam.
  8. Masukkan bumbu halus ke dalam air mendidih lalu masukkan asam jawa, gula merah (di iris iris tipis), gula pasir, garam, biarkan mendidih sampai beberapa menit agar tidak langu bau bawang, lalu cek rasa. Kalau rasa sudah pas matikan api dan saring cuko.
  9. Potong pempek yang sudah di goreng lalu sajikan dengan cuko dan ketimun.
  10. Selamat mencoba :).

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan pempek dos tanpa ikan yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!