Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Pempek Dos Ebi Anti Gagal

Pempek Dos Ebi Anda lagi mencari inspirasi bumbu pempek dos ebi yang spesial? Cara menyiapkannya memang susah-susah mudah. Apabila salah mengolah maka hasilnya tidak akan membahagiakan dan bahkan cenderung tak nikmat. Sedangkan pempek dos ebi yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berakibat terhadap kualitas cita rasa dari pempek dos ebi, pertama dari ragam bahan, selanjutnya pemilahan bahan yang segar, sampai cara memasak dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jikalau hendak menyiapkan pempek dos ebi enak di mana pun anda berada, karena kita telah tahu triknya maka sajian ini bisa menjadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat pempek dos ebi sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Pempek Dos Ebi memakai 13 jenis bahan dan 11 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Pempek Dos Ebi

  1. Siapkan 150 gr Tepung Terigu.
  2. Ambil 150 gr Tepung Tapioka.
  3. Gunakan 250 ml Air Mendidih.
  4. Siapkan 2 sdm Ebi kering sangrai.
  5. Gunakan 1 batang daun bawang (iris2 tipis).
  6. Gunakan 1 buah bawang bombay kecil (cacah halus).
  7. Sediakan 5 siung bawang putih (dihaluskan).
  8. Sediakan 1 sdt garam.
  9. Siapkan 1 sdt lada bubuk.
  10. Gunakan Secukupnya kaldu jamur/kaldu bubuk.
  11. Ambil Secukupnya air untuk merebus pempek.
  12. Ambil Secukupnya minyak goreng untuk menggoreng pempek.
  13. Ambil Secukupnya Cuko Pempek Palembang sebagai pendamping (lihat resep).

Langkah-langkah menyiapkan Pempek Dos Ebi

  1. Masukkan tepung terigu dalam wadah. Campurkan garam dan lada bubuk dalam tepung. Didihkan 250ml air. Setelah mendidih tuangkan air dalam tepung terigu, aduk cepat sampai mengental. Tambahkan bawang putih halus, irisan daun bawang, cacahan bawang bombay dan ebi sangrai lalu campurkan rata. Bumbui dgn kaldu bubuk secukupnya. Tes rasa. Aku bikin sedikit keasinan di step ini karena belum masuk tepung tapioka, takutnya nanti waktu masuk tepung tapioka jadi hambar..
  2. Campurkan tepung tapioka dalam adonan. Aduk dengan sendok agar menyatu..
  3. Uleni adonan sampai teksturnya kalis dan bisa di bentuk..
  4. Ambil adonan secubit2 tangan. Bentuk sesuai selera. Aku bikin pempek lenjer kecil saja. Tapi kalo suka, bisa dibuat isian lain ya. Misalnya isi pepaya muda, ebi kering, tahu, suwiran tumis ayam atau telor. Atau dibentuk bulat2 seperti pempek adaan. Sesukanya aja ya..
  5. Didihkan cukup air dalam panci, beri sedikit minyak goreng agar nanti pempek tidak menempel satu sama lain saat di rebus. Setelah air mendidih, masukkan pempek2 yg sudah di bentuk tadi dalam panci. Rebus pempek2 tadi hingga mengapung. Begitu pempeknya naik dan mengapung sendiri, langsung angkat pempek2nya dan tiriskan ya. Jangan biarkan mengapung lama karena nanti pempeknya jadi kelembutan..
  6. Rebus semua pempek dos ebi hingga mengapung dan tiriskan airnya..
  7. Diamkan pempek hingga kering dlm wadah..
  8. Goreng pempek dos ebi hingga garing coklat keemasan. Tiriskan dari minyaknya..
  9. Pempek dos ebi goreng siap dinikmati..
  10. Kalo sedang diet atau gak suka di goreng, pempek dos ebi ini bisa langsung aja di konsumsi dgn cuko setelah di rebus ya!.
  11. Hidangkan Pempek Dos Ebi goreng hangat atau pempek dos ebi rebus dengan cocolan cuko pempek palembang yg kental mantap! Wajib dicobain deh! 😘πŸ₯ - 🌻Unda Qy.

Terima kasih telah mencoba resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Pempek Dos Ebi yang gampang di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!