Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Sop Ayam ala Pak Min Klaten, Lezat

Sop Ayam ala Pak Min Klaten Kamu tengah mencari ide bumbu sop ayam ala pak min klaten yang istimewa? Cara membuatnya memang tidak terlalu susah namun tidak gampang juga. Apabila keliru mengolah maka hasilnya tidak akan membahagiakan dan bahkan cenderung tidak sedap. Meskipun sop ayam ala pak min klaten yang nikmat selayaknya memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sop ayam ala pak min klaten, mulai dari variasi bahan, lalu pemilahan bahan yang segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing sekiranya hendak mempersiapkan sop ayam ala pak min klaten yang nikmat di mana pun anda berada, karena kita telah tahu resepnya maka sajian ini mampu jadi sajian istimewa.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah sop ayam ala pak min klaten yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Sop Ayam ala Pak Min Klaten menggunakan 18 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Sop Ayam ala Pak Min Klaten

  1. Sediakan 1/4 ekor ayam kampung (kl saya sayap, paha atas bawah, ceker).
  2. Sediakan 2 Lbr daun jeruk (buang tulangnya) untuk menghilangkan bau amis.
  3. Siapkan 1/2 Btg Wortel impor/buah (resep asli tdk pakai).
  4. Siapkan Bahan Tumisan:.
  5. Gunakan 4 Siung Bawang putih kating (geprek dan cacah sedikit).
  6. Siapkan 1 Btg Sereh (geprek ambil pangkalnya saja).
  7. Gunakan 2 Lbr daun salam (uk. Sedang).
  8. Siapkan 2 Ruas Jahe (geprek).
  9. Gunakan 1 Cm Kayu manis (kl saya skip krn kurang suka baunya).
  10. Gunakan Bahan pelengkap sop:.
  11. Sediakan 1 Btg Daun bawang (iris 3cm).
  12. Siapkan Seledri (potong cacah, kl saya skip).
  13. Gunakan secukupnya Merica.
  14. Gunakan secukupnya Gula garam.
  15. Sediakan secukupnya Kaldu jamur/kaldu ayam.
  16. Siapkan Minyak secukupnya (untuk menumis).
  17. Gunakan Air secukupnya (utk kaldu ayam presto).
  18. Gunakan Bawang goreng (untuk taburan, kl saya beli jadi).

Cara menyiapkan Sop Ayam ala Pak Min Klaten

  1. Presto ayam kampung dan wortel yang sudah di cuci bersih dengan daun jeruk dan air agak banyak selama 10mnt (air ini digunakan untuk kaldu sop jd ketika masak dipanci tidak perlu menambahkan air).
  2. Sambil menunggu ayam kampung presto selesai, tumis semua bahan tumisan bersamaan hingga wangi, kemudian sisihkan lalu masukkan ke panci..
  3. Setelah ayam kampung presto selesai, pindahkan seluruh isi presto beserta airnya ke dalam panci yang sudah berisikan bumbu tumisan. Masak kembali setelah itu tambahkan gula, garam, merica, kaldu bubuk dan terakhir daun bawang. Setelah daun bawang layu, koreksi rasa dan sajikan dengan taburan bawang goreng. Siap dinikmati..

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Sop Ayam ala Pak Min Klaten yang gampang di atas dapat membantu Anda mempersiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman maupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!