Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Gampang Membuat Cuko Pempek Palembang yang Sempurna

Cuko Pempek Palembang Kamu tengah mencari inspirasi resep cuko pempek palembang yang spesial? Cara membuatnya memang tidak terlalu susah namun tidak mudah juga. Sekiranya salah mengolah maka hasilnya akan tawar dan justru cenderung tidak sedap. Sedangkan cuko pempek palembang yang nikmat selayaknya memiliki wangi dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berdampak terhadap kwalitas cita rasa dari cuko pempek palembang, pertama dari ragam bahan, selanjutnya penentuan bahan yang segar, sampai cara memasak dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jikalau hendak menyiapkan cuko pempek palembang nikmat di rumah, karena kamu sudah tahu resepnya maka sajian ini mampu jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan cuko pempek palembang sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Cuko Pempek Palembang menggunakan 9 bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Cuko Pempek Palembang

  1. Siapkan 800 ml air.
  2. Ambil 500 gr gula batok/gula aren/gula jawa yg berwarna gelap.
  3. Sediakan 100 ml air asam jawa (pekat) dari 3sdm asam+sedikit air.
  4. Ambil 1 sdm ebi/rebon kering (sangrai,haluskan).
  5. Sediakan 1 sdm Tong chai (optional) (haluskan bersama ebi sangrai).
  6. Ambil secukupnya garam (sekitar 1 sdt).
  7. Sediakan Bumbu Halus :.
  8. Ambil 1 bonggol bawang putih (sekitar 10-15 siung).
  9. Ambil 50 gr cabe rawit/sesuai selera.

Langkah-langkah membuat Cuko Pempek Palembang

  1. Siapkan semua bahan yg di butuhkan || jika menggunakan tong chai bisa di haluskan bareng ebi yg sudah di sangrai yaa, ini optional siih untuk mempertajam rasa dan aroma cuko nya..
  2. Rebus air dan gula hingga gula larut, lalu saring.
  3. Setelah di saring, masak kembali, masukan bumbu halus, ebi+tong chai dan air asam jawa,masak dengan api kecil sambil sesekali di aduk.
  4. Jika kuah cuko sudah agak surut dan mengental tambahkan garam secukupnya, koreksi rasa,bila rasa dan kekentalan kuahnya sudah pas, angkat, saring,biarkan uap panas nya hilang, lalu masukkan dalam wadah, simpan dalam kulkas..
  5. Atau bisa langsung di hidangkan bersama pempek.
  6. Oia,Sisa bumbu hasil saringan cuko jangan dulu di buang yaa.. ||masukkaan dlm wajan tambahkan 2sdm minyak, tumis sebentar saja, lalu angkat,sajikan||bisa buat sambel cocolan kemplang, kerupuk palembang, atau di makan bareng pempek kulit seperti ini, mmmmh.. yummy 😋.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan cuko pempek palembang yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!