Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Ayam Goreng Serundeng Kelapa Anti Gagal

Ayam Goreng Serundeng Kelapa Kamu tengah mencari ide bumbu ayam goreng serundeng kelapa yang istimewa? Cara menyiapkannya sebenarnya tidak sulit dan tidak juga gampang. Seandainya salah memasaknya maka hasilnya tidak akan membahagiakan dan justru cenderung tidak sedap. Meskipun ayam goreng serundeng kelapa yang sedap harusnya sih mempunyai wangi dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berimbas kepada kwalitas rasa dari ayam goreng serundeng kelapa, mulai dari variasi bahan, kemudian pemilihan bahan yang segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing apabila ingin menyiapkan ayam goreng serundeng kelapa enak di rumah, karena anda telah tahu resepnya maka santapan ini dapat menjadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan ayam goreng serundeng kelapa sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Ayam Goreng Serundeng Kelapa memakai 21 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Ayam Goreng Serundeng Kelapa

  1. Gunakan 1/2 ekor ayam, potong sesuai selera.
  2. Ambil 1/2 buah jeruk nipis.
  3. Siapkan 100 gr kelapa parut.
  4. Sediakan 350 ml air.
  5. Siapkan Secukupnya minyak goreng.
  6. Ambil Bumbu-bumbu:.
  7. Sediakan 5 siung bawang merah.
  8. Gunakan 2 siung bawang putih.
  9. Gunakan 1/2 sdt lada butir.
  10. Siapkan 1 sdt ketumbar.
  11. Ambil 2 butir kemiri.
  12. Gunakan 1 ruas kunyit.
  13. Sediakan 2 ruas jahe.
  14. Ambil 2 ruas lengkuas.
  15. Sediakan 1 batang serai, memarkan.
  16. Sediakan 2 lembar daun salam.
  17. Ambil 3 lembar daun jeruk.
  18. Sediakan 2 sdt garam.
  19. Sediakan Secukupnya kaldu bubuk.
  20. Siapkan 1 sdm gula merah.
  21. Sediakan 2 sdm air asam jawa.

Cara membuat Ayam Goreng Serundeng Kelapa

  1. Siapkan bahan-bahan. Cuci bersih ayam. Beri air perasan jeruk nipis. Diamkan selama 10-15 menit. Bilas kembali.
  2. Haluskan bawang merah, bawang putih, ketumbar, lada, kemiri, kunyit, jahe dan lengkuas.
  3. Panaskan secukupnya minyak goreng, tumis bumbu halus beserta serai, daun salam dan daun jeruk sampai harum dan matang.
  4. Setelah itu masukkan daging ayam, aduk rata. Tambahkan air. Aduk rata kembali.
  5. Kemudian masukkan kelapa parut. Aduk rata. Tambahkan garam, kaldu bubuk, gula merah dan air asam jawa. Aduk rata kembali. Tes rasa. Masak/ungkep ayam sampai bumbu meresap atau air menyusut. Setelah itu tiriskan ayam dan kelapa parut. Pisahkan ayam dari kelapa parutnya..
  6. Panaskan secukupnya minyak goreng. Goreng ayam sampai berwarna kuning kecoklatan. Setelah matang angkat dan tiriskan..
  7. Lalu goreng kelapa parut/serundengnya sampai kuning kecoklatan sambil diaduk-aduk supaya tidak gosong. Setelah itu angkat dan tiriskan.
  8. Sajikan ayam goreng dengan taburan serundeng kelapa.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Ayam Goreng Serundeng Kelapa yang gampang di atas dapat membantu Anda mempersiapkan sajian yang nikmat untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!