Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Pempek Dos Gurih Anti Gagal

Pempek Dos Gurih Kamu lagi mencari ide bumbu pempek dos gurih yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu susah namun tidak gampang juga. Seandainya salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan cenderung tidak sedap. Sedangkan pempek dos gurih yang enak seharusnya memiliki bau dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kwalitas rasa dari pempek dos gurih, mulai dari macam bahan, lalu pemilihan bahan yang segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jikalau hendak mempersiapkan pempek dos gurih nikmat di rumah, karena kamu sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian istimewa.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat pempek dos gurih yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Pempek Dos Gurih menggunakan 13 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Pempek Dos Gurih

  1. Sediakan Bahan biang;.
  2. Siapkan 200 gr tepung terigu serbaguna.
  3. Gunakan 400 ml santan sedang.
  4. Ambil 1 sdm kaldu jamur (bisa ganti kaldu bubuk lain sesuai selera).
  5. Ambil 2 sdm garam.
  6. Ambil 1 sdm gula.
  7. Siapkan Bahan lain;.
  8. Siapkan 8 siung bawang putih, haluskan.
  9. Sediakan 3 butir telur, kocok lepas.
  10. Siapkan 350-400 gr tepung sagu tani.
  11. Sediakan Tambahan apabila ingin Pempek Adaan;.
  12. Gunakan 4-5 siung bawang merah, iris halus.
  13. Sediakan 1 batang daun bawang (daunnya saja).

Langkah-langkah membuat Pempek Dos Gurih

  1. Campur semua bahan biang, masak dalam api kecil hingga adonan berat dan menggumpal. Matikan api, sisihkan hingga adonan hangat.
  2. Campur adonan diatas dengan telur yg sdh dikocok dan bawang putih halus. Aduk hingga tercampur. Lalu scr bertahap beri sagu, aduk menggunakan sendok kayu hingga kalis dan bisa dibentuk. Baluri tangan dgn sedikit tepung sagu untuk membentuk adonan pempek.
  3. Saya bagi adonan jadi 2 bagian; polos lenjer dan adaan. Untuk adonan adaan saya tambahkan potongan bawang merah dan daun bawang. Karena dirumah gak suka kapal selam (isi telur) jd saya jarang buat.
  4. Paralel, didihkan air dgn diberi minyak sayur secukupnya. Pada saat sudah mendidih, masukkan adonan yg sudah dibentuk, masak hingga mengapung (tandanya matang).
  5. Lalu goreng sesuai selera. Untuk resep cuko, bisa dilihat dilampiran ya (lihat resep). Pempek Dos Gurih
  6. Notes: pempek bisa disimpan dlm kulkas dalam wadah tertutup. Apabila ingin digoreng sebaiknya dikukus dulu ya biar lembut kembali..
  7. Semoga bermanfaat ya, selamat mencoba 😉.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat pempek dos gurih yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!