Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Pempek Dos (Tapioka), Lezat

Pempek Dos (Tapioka) Kamu sedang mencari ide bumbu pempek dos (tapioka) yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga gampang. Bila keliru mengolah maka hasilnya bisa tawar dan malahan tak nikmat. Walaupun pempek dos (tapioka) yang nikmat harusnya sih mempunyai bau dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berimbas kepada kwalitas rasa dari pempek dos (tapioka), pertama dari macam bahan, kemudian pemilahan bahan yang segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan pempek dos (tapioka) yang enak di mana pun anda berada, karena anda sudah tahu resepnya maka santapan ini bisa jadi suguhan spesial.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah pempek dos (tapioka) yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Pempek Dos (Tapioka) menggunakan 17 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Pempek Dos (Tapioka)

  1. Ambil Bahan biang:.
  2. Siapkan 400 ml air.
  3. Ambil 200 gr terigu.
  4. Gunakan Secukupnya garam dan gula (saya 1 sdm garam dan 1/2 sdm gula).
  5. Ambil 1/2 sdt chicken powder.
  6. Sediakan Bahan adonan pempek:.
  7. Sediakan 3 butir telur.
  8. Gunakan 5 siung bawang putih, dihaluskan.
  9. Ambil 400 gr sagu tani (saya tapioka).
  10. Sediakan Bahan isi:.
  11. Gunakan 2 butir telur diberi garam sedikit (saya telur rebus).
  12. Siapkan Kuah cuko:.
  13. Siapkan 1000 ml air.
  14. Siapkan 800 gram gula palem/ gula aren.
  15. Gunakan 100 gram cabe (sesuai selera pedasnya), haluskan.
  16. Sediakan Secukupnya garam.
  17. Siapkan 50 gram asam Jawa tanpa kulit.

Cara menyiapkan Pempek Dos (Tapioka)

  1. Biang: Dalam panci, campur air, garam, gula, dan chicken powder (optional). Nyalakan api, masak sambil diaduk-aduk sampai menggumpal seperti bubur (hati-hati gosong). Angkat, biarkan hangat. Pindahkan biang yang tidak panas ke dalam baskom..
  2. Dalam keadaan hangat tambahkan bawang putih halus dan telur. Saya mikser menggunakan beater yg spiral hingga adonan halus dan rata. Setelah itu masukkan tapioka sedikit-sedikit, aduk hingga rata menggunakan spatula/tangan..
  3. Potong-potong telur rebus untuk isian pempek bentuk kapal selam. Balur tangan dengan sagu lalu bentuk menjadi pempek kapal selam, isi dengan potongan telur rebus atau bisa juga diisi dengan kocokan telur mentah. Untuk pempek lenjer balur tangan dengan sagu, bentuk silinder..
  4. Rebus pempek dalam air mendidih hingga matang. Tiriskan..
  5. Cuko: didihkan gula dan asam Jawa hingga larut, saring. Haluskan bawang putih dan cabai, masukkan ke dalam kuah lalu masak sampai mendidih, tambahkan garam. Siap digunakan untuk kuah pempek..
  6. Goreng pempek, potong potong dan siap disajikan dengan kuah pempek, potongan timun dan mie kuning..

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat pempek dos (tapioka) yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!