Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Pempek Dos yang Enak

Pempek Dos Anda sedang mencari inspirasi resep pempek dos yang unik? Cara menyiapkannya sebenarnya tidak terlalu susah namun tidak mudah juga. Seandainya salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan cenderung tidak enak. Sedangkan pempek dos yang nikmat selayaknya punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kwalitas cita rasa dari pempek dos, mulai dari ragam bahan, selanjutnya pemilihan bahan yang segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing seandainya mau menyiapkan pempek dos yang sedap di mana pun anda berada, karena kamu telah tahu resepnya maka sajian ini bisa jadi suguhan istimewa.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah pempek dos yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Pempek Dos memakai 17 jenis bahan dan 8 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Pempek Dos

  1. Ambil Pempek.
  2. Siapkan 250 g terigu.
  3. Siapkan 5 sdm tepung beras.
  4. Siapkan 800 ml air mendidih.
  5. Ambil 1 butir telur.
  6. Sediakan 2 sdm (peres) garam.
  7. Gunakan Secukupnya penyedap.
  8. Sediakan 500 g tepung sagu.
  9. Ambil Cuko.
  10. Ambil 500 g gula merah, sisir.
  11. Sediakan 700 ml air.
  12. Ambil 1,5 sdt garam.
  13. Gunakan 2 jempol asam jawa.
  14. Siapkan 50 g cabe rawit.
  15. Siapkan 50 g bawang putih.
  16. Sediakan Isian.
  17. Gunakan 3 butir telur, kocok lepas.

Langkah-langkah membuat Pempek Dos

  1. Buat pempek nya dulu. Pertama campurkan tepung terigu, tepung beras, garam dan penyedap lalu aduk-aduk. Tambahkan air mendidih (harus benar-benar mendidih ya), lalu lanjutkan aduk menggunakan spatula sampai rata. Setelah rata, masukkan telur lalu kembali aduk. Aduknya pakai spatula ya karena ini masih panas banget. Diamkan dulu hingga adonan agak dingin sambil menyiapkan cuko..
  2. Membuat cuko: masukkan air, gula merah sisir, asam jawa dan garam. Rebus sambil sesekali diaduk-aduk hingga mendidih lalu saring..
  3. Setelah air cuko disaring, blender bersama dengan cabe rawit dan bawang putih hingga halus. Koreksi rasa dan tambahkan garam lagi secukupnya. Resep aslinya sampai disini, tapi akhirnya aku panaskan ulang agar tidak ada bau langu cabe. Trus asamnya juga ditambah sebanyak 2 jempol agar lebih berasa..
  4. Kembali ke adonan pempek. Setelah agak dingin, tambahkan tepung sagu sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis..
  5. Pempek lenjer : ambil kurleb 2-3 sdm adonan, bulat-bulatkan dengan tangan lalu giling hingga berbentuk memanjang..
  6. Pempek telur: siapkan 3 butir telur lalu kocok lepas. Ambil kurleb 2-3 sdm adonan, bulatkan dengan tangan, lalu pipihkan hingga berbentuk kulit. Tuangkan kurleb 2-3 sdm telur kocok ke bagian tengah kulit, lalu tutup dengan hati-hati agar tidak ada isi telur yang bocor (mirip melipat tutup pastel)..
  7. Didihkan air, lalu masukkan pempek satu per satu. Rebus hingga pempek mengambang. Tunggu beberapa saat setelah mengambang lalu angkat dan tiriskan..
  8. Pempek siap disajikan. Bisa langsung dimakan dengan cuko, atau digoreng dulu sesuai selera..

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Pempek Dos yang gampang di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi ide untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!