Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah Mudah untuk Membuat Sup Ikan Haruan (Gabus) a.k.a Jarangan Kepala Haruan Anti Gagal

Sup Ikan Haruan (Gabus) a.k.a Jarangan Kepala Haruan Kamu tengah mencari ide resep sup ikan haruan (gabus) a.k.a jarangan kepala haruan yang spesial? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu susah namun tidak mudah juga. Jikalau keliru memasaknya maka hasilnya tidak akan membahagiakan dan bahkan tidak nikmat. Sedangkan sup ikan haruan (gabus) a.k.a jarangan kepala haruan yang enak harusnya sih memiliki wangi dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas cita rasa dari sup ikan haruan (gabus) a.k.a jarangan kepala haruan, pertama dari tipe bahan, kemudian pemilihan bahan yang segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing bila hendak menyiapkan sup ikan haruan (gabus) a.k.a jarangan kepala haruan yang sedap di rumah, karena kita sudah tahu triknya maka santapan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan sup ikan haruan (gabus) a.k.a jarangan kepala haruan sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sup Ikan Haruan (Gabus) a.k.a Jarangan Kepala Haruan menggunakan 9 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Sup Ikan Haruan (Gabus) a.k.a Jarangan Kepala Haruan

  1. Ambil 2 buah kepala ikan gabus atau haruan.
  2. Ambil 3 siung bawang merah.
  3. Sediakan 1 buah cabai merah.
  4. Sediakan 2 buah belimbing wuluh.
  5. Ambil 1 sdm Gula.
  6. Siapkan 1 sdt Garam.
  7. Siapkan secukupnya Asam Jawa.
  8. Sediakan 500 ml air.
  9. Gunakan 1 batang serei.

Cara menyiapkan Sup Ikan Haruan (Gabus) a.k.a Jarangan Kepala Haruan

  1. Bersihkan terlebih dahulu kepala ikannya kemudian lumuri dengan asam jawa dan sedikit garam sisihkan.
  2. Kemudian rebus air sampai mendidih masukan bawang merah yang sudah diiris tipis, cabe merah besar dan serei yang sudah digeprek sampai bawang agak layu dan mengeluarkan aroma masukan kepala ikannya.
  3. Rebus sampai kepala ikan matang baru masukan belimbing wuluh yang sudah dirajang masukan gula garam icip rasanya kemudian masak sebentar angkat dan hidangkan.
  4. Selamat mencoba, lebih sedap ditemani ikan goreng lalapan dan sambel..

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat sup ikan haruan (gabus) a.k.a jarangan kepala haruan yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!