Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Cuko Pempek, Bisa Manjain Lidah

Cuko Pempek Kamu tengah mencari ide bumbu cuko pempek yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu susah namun tidak gampang juga. Kalau silap memasaknya maka hasilnya tidak akan membahagiakan dan bahkan tidak enak. Padahal cuko pempek yang enak harusnya sih mempunyai bau dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berimbas kepada kualitas rasa dari cuko pempek, pertama dari macam bahan, selanjutnya penentuan bahan yang segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan cuko pempek sedap di rumah, karena anda sudah tahu triknya maka santapan ini mampu jadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat cuko pempek sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Cuko Pempek memakai 9 bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Cuko Pempek

  1. Ambil 1/4 Gula Aren (batok hitam).
  2. Siapkan 500 ml air.
  3. Ambil 15 buah cabe (mix rawit dan merah).
  4. Sediakan 2 sdm asam jawa.
  5. Sediakan 1 sdt gula pasir.
  6. Gunakan 10 siung bawang putih utuh dg kulit.
  7. Ambil 1/2 sdt garam.
  8. Ambil 1 sdm cuka.
  9. Gunakan 2 sdm kecap manis.

Cara menyiapkan Cuko Pempek

  1. Siapkam semua bahan, cuci bersih dl untuk bawang dan cabe, serut atau cacah untuk gula aren..
  2. Blender halus bawang putih dan cabe dengan air secukupnya. Kemudian tuang air pada panci dan tambahkan hasil blender bawang dan cabe, tambahkan gula aren, gula pasir, asam, garam, cuka dan kecap. Biarkan masak hingga mendidih dengan api kecil..
  3. Jika sudah mendidih, test rasa sambil diaduk sesekali dn jika sudah pas segera matikan api, saring rebusan cuko dengan saringan, kuah cuko bisa didinginkan atau masuk botol dan setelah uap panas hilang bisa disimpan dalam lemari es, insya allah untuk cukonya bs awet sampai 1th dan semakin lama semakin enak. Untuk yg td suka pedas cabe bs dikurangi atau skip saja..

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Cuko Pempek yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan sajian yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi dalam berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!