Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Pempek Dos (Kapal Selam dan Lenjer), Sempurna

Pempek Dos (Kapal Selam dan Lenjer) Kamu lagi mencari ide resep pempek dos (kapal selam dan lenjer) yang spesial? Cara membuatnya sebenarnya tidak sulit dan tidak juga gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya bisa hambar dan bahkan tak nikmat. Sedangkan pempek dos (kapal selam dan lenjer) yang sedap harusnya sih memiliki bau dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kwalitas cita rasa dari pempek dos (kapal selam dan lenjer), mulai dari variasi bahan, selanjutnya pemilahan bahan yang segar, hingga cara memasak dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika hendak mempersiapkan pempek dos (kapal selam dan lenjer) yang enak di rumah, karena anda sudah tahu triknya maka sajian ini mampu jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan pempek dos (kapal selam dan lenjer) sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Pempek Dos (Kapal Selam dan Lenjer) menggunakan 22 bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Pempek Dos (Kapal Selam dan Lenjer)

  1. Siapkan 1 cup tepung terigu (140 gr).
  2. Siapkan 250 ml air.
  3. Sediakan 250 gr tepung tapioka.
  4. Ambil 2 telur.
  5. Siapkan 2 siung bawang putih (dihaluskan).
  6. Siapkan 2 sdt garam.
  7. Gunakan secukupnya Kaldu bubuk.
  8. Gunakan secukupnya Merica.
  9. Siapkan Bahan Isian kapal selam :.
  10. Gunakan 2 telur.
  11. Gunakan 1/2 sdt garam.
  12. Ambil secukupnya Merica.
  13. Siapkan Bahan cuko.
  14. Ambil 1 bungkus asam jawa.
  15. Siapkan 3 keping gula merah.
  16. Sediakan 500 ml air.
  17. Ambil Ebi kering secukupnya (disangrai).
  18. Sediakan Boncabe rasa teri (optional).
  19. Siapkan secukupnya Garam gula.
  20. Siapkan Topping.
  21. Gunakan Mie.
  22. Sediakan Ketimun.

Langkah-langkah membuat Pempek Dos (Kapal Selam dan Lenjer)

  1. Buat adonan biang : masak air panas, masukkan bawang putih garam, merica, kaldu. Matikan kompor lalu masukkan terigu, aduk hingga mengental, biarkan agak dingin..
  2. Masukkan telur yang telah dikocok ke dalam adonan biang, aduk merata..
  3. Masukkan tapioka secara bertahap sambil diaduk. Setelah itu uleni dengan tangan hingga teksturnya padat dan mudah dibentuk..
  4. Buat bahan isian dengan mencampur telur, garam, merica, kocok merata. Ambil adonan, bulatkan lalu buat lubang di tengahnya. Isi dengan telur. Rapatkan kembali (pastikan tidak bocor)..
  5. Rebus dalam air mendidih, beri sedikit minyak supaya tidak lengket. Nanti kalau sudah matang, akan mengambang ke permukaan, lalu angkat..
  6. Buat larutan cuko dengan cara mencampur semua bahan, panaskan hingga gula cair sepenuhnya. Koreksi rasa, bila sudah dirasa pas, matikan kompor. Saring ke dalam mangkuk..
  7. Sajikan pempek dengan cara digoreng terlebih dahulu, lalu siram dengan cuko. Beri topping mie dan ketimun..
  8. Ps : pempeknya bisa disimpan dalam kulkas untuk stok besok. Lumuri sedikit antar permukaannya dengan minyak tipiss supaya tidak lengket satu sama lain..

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan pempek dos (kapal selam dan lenjer) yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!