Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Gampang Menyiapkan Ayam Goreng Serundeng, Lezat

Ayam Goreng Serundeng Anda sedang mencari inspirasi bumbu ayam goreng serundeng yang spesial? Cara membuatnya sebenarnya susah-susah mudah. Seandainya salah memasaknya maka hasilnya tidak akan membahagiakan dan bahkan cenderung tidak nikmat. Walaupun ayam goreng serundeng yang sedap harusnya sih mempunyai wangi dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berimbas terhadap kualitas cita rasa dari ayam goreng serundeng, pertama dari macam bahan, selanjutnya pemilihan bahan yang segar, sampai cara memasak dan menghidangkannya. Tak perlu pusing sekiranya hendak menyiapkan ayam goreng serundeng enak di rumah, karena anda telah tahu resepnya maka santapan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan ayam goreng serundeng sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Ayam Goreng Serundeng memakai 14 jenis bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Ayam Goreng Serundeng

  1. Ambil 1 ekor ayam.
  2. Gunakan 1 butir kelapa.
  3. Ambil Bumbu halus utk ungkep ayam :.
  4. Ambil 3 lmbr daun salam.
  5. Gunakan 1 lmbr daun jeruk.
  6. Siapkan 1 batang sereh.
  7. Sediakan 3 buah bawang putih.
  8. Sediakan 4 buah bawang merah.
  9. Siapkan 2 ruas kunyit.
  10. Sediakan 1 sdt ketumbar.
  11. Sediakan 2 butir kemiri.
  12. Ambil 1 liter air.
  13. Siapkan 1 sdm garam (sesuaikan selera).
  14. Sediakan 1 sdt gula pasir.

Langkah-langkah membuat Ayam Goreng Serundeng

  1. Bersihkan ayam, cuci bersih di air mengalir. Sisihkan di wadah. Dlm tmpt lain siapkan bahan yg akan di haluskan. Ulek atau blender bumbu sampe halus.
  2. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus sampe wangi. Tambahkan daun salam, sereh, daun jeruk dan air. Masukkan ayam ke dlm nya.
  3. Masak / ungkep ayam sampe matang dan empuk. Sisihkan jika sudah matang.
  4. Membuat serundeng : siapkan wajan lalu masukkan kelapa yg sudah di parut beserta kuah dr ungkepan ayam..
  5. Utk proses bikin serundeng ini lmyn cukup lama ya, klo bisa air ungkepan jng terlalu banyak supaya proses pengeringan kelapa serundeng ga makan waktu lama. Masak trus kelapa aduk2 sampe berubah warna menjadi kecoklatan. Beri garam dan gula lagi jika kurang rasa.
  6. Utk ayam goreng nya, panaskan minyak lalu goreng ayam sampe berubah warna kecoklatan. Jika sudah matang tiriskan atau bisa jg lngsung di campur dng kelapa serundengnya..

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Ayam Goreng Serundeng yang gampang di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang lezat untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!